Tim KTM Kurang Kompetitif Di Tahun 2021, Ini Penyebabnya

  • Whatsapp
tim ktm

motolineid.com – Tim KTM kurang kompetitif pada musim balap 2021 lalu, jika dibandingkan dengan musim balap sebelumnya KTM di tahun 2021 ini terlihat kurang galak dan performa motor lebih kalem. Hal tersebut menjadikan pertanyaan bagaimana dengan performanya nanti di musim balap 2022 ini?

Sejak 2021 lalu KTM telah masuk dalam tim pabrikan dan hak sebagai tim konsesi telah dihapuskan sehingga kehilangan keuntungan-keuntungan yang selama tahun 2020 lalu bisa dinikmatinya. Pada musim 2020 sebagai tim konsesi mereka bebas mengobok-obok mesin tidak ada batasan sehingga lebih leluassa.

Bacaan Lainnya

Masuk pada musim 2021 hak konsesi pada KTM dihapuskan sehingga hak dan kewajiban sebagai tim pabrikan harus dipatuhi termasuk penggantian mesin. Mesin sudah di segel sejak awal sehingga harus diperhatikan benar tentang ketahanan mesin untuk bermain selama satu musim. Ini yang kemungkinan menyebabkan performa KTM kurang gahar di 2021.

“Kami sudah memperkirakan bahwa tahun 2021 akan menjadi spesial, terutama karena kami telah kehilangan konsesi. Secara umum, dalam masa pengembangan  kami telah berkonsentrasi pada detail, tetapi semenjak balapan pertama, dengan  detail ban yang berbeda, kami menyadari bahwa itu tidak cukup,”beber Sebastian Risse, yang menjabat sebagai manajer proyek MotoGP KTM.

Disamping itu, pada tahun 2021 Michelin sebagai pemasok ban tidak lagi menggunakan kompon terkeras untuk ban depan seperti pada tahun 2020. Padahal dengan kompon terkeras Michelin tersebut KTM mampu bekerja dengan sangat baik. “Kami mencari solusi, melakukan segala kemungkinan untuk menghadapi situasi, agar bisa lebih cepat dan tidak tersesat,” sambung  Sebastian Risse.

Setelah itu KTM mencoba perubahan di sisi sasis dan sasis baru ini yang memulai debutnya di seri Mugello di mana Oliveira berhasil naik podium dipadu dengan kehadiran ETS sebagai pemasok BBM racing baru.

Namun, akhir musim 2021 kami tidak cemerlang dan sekarang kami harus menghadapi 2022. Pertama-tama, akan ada perubahan penting dengan Fabiano Sterlacchino di pucuk pimpinan departemen teknis dan Francesco Guidotti sebagai manajer tim. Kami tidak punya banyak waktu, kami telah mengerjakan pengembangan mesin dan juga beberapa konsep, tetapi masih terlalu dini untuk mengatakan apa yang akan kami gunakan tahun depan,” tutup Risse. jack

foto :KTM Racing