Tiga Cara Stroke Up Buat Mesin Motor Harian, Pilih yang Mana?

motolineid.com – Tiga cara stroke up buat mesin motor harian yang sudah biasa dilakukan oleh para mekanik yang ada di Indonesia. Naik stroke tujuannya adalah agar langkah piston bisa lebih panjang dari standarnya. Dengan begitu, torsi yang dimuntahkan oleh mesin bisa lebih besar.

Tiga cara atau metode yang biasa dilakukan mekanik yaitu menggeser big end, pakai pen stroke aftermarket berbentuk offset ataupun swap stroke. Tujuannya sama, tapi masing-masing punya kekurangan dan kelebihan dalam penerapannya.

Geser Big End 

geser big end

Cara pertama yaitu geser big end, harus dilakukan bengkel bubut terlatih dan spesialis dalam belah membelah kruk as. cara ini terhitung mahal dan ribet, skillnya dalam balancing kruk as juga harus dipertimbangkan agar kruk as nggak gampang melintir. Oleh karena itulah, waktu yang dibutuhkan jauh lebih lama karena banyaknya proses yang dilalui. Dari segi harga, lebih mahal dibanding penggunaan pen stroke aftermarket.

Pen Stroke

Pen stroke

Kebanyakan mekanik mengubah langkah stroke dengan cara menggeser lubang big end meski terkesan cara tersebut lebih tradisional. Mungkin, beberapa dari mereka punya pengalaman yang kurang berkesan pada pen stroke. Terutama dalam hal durabilitas jika dibandingkan pakai pen stroke. Kalau dianalisa dengan logika sepertinya sangat masuk akal, sebab pen stroke sangat mengandalkan kekuatan las pada big end ke daun kruk as. Kuatnya hasil las tergantung dari kemampuan tukang las. Tapi nggak menutup kemungkinan tetap bisa saja melintir, sebab luas bidang las relatif lebih kecil. Apabila kruk as sudah melintir, mesin bakal bergetar .

Baca juga : Apakah Bahaya Gonta Ganti Oli Mesin Di Motor Kita

Baca juga : Kenali Karakter Motor Dari Ukuran Bore Dan Stroke 

Solusi stroke up dengan biaya murah dan express yang ditawarkan pen stroke tetap saja menggiurkan bagi penghemat isi dompet. Pen stroke aftermarket yang dijual di pasaran kisaran Rp 300 ribu. Ini pun sepaket sama bearing bambu belah dengan pemasangan yang lebih mudah.

Swap Stroke

Cara yang ketiga ini terhitung lebih aman karena kita melakukan  stroke up dengan melakukan penggantian kruk as. Sehingga dari sisi material  dan kekuatan bahan lebih terjamin. Saat ini sudah banyak kruk as stroke up yang disediakan oleh produsen-produsen spare part racing.

Tinggal pilih sesuai selera cara mana yang sesuai dengan isi dompet kita.