Suzuki MotoGP Pasang Ride Height Adjuster Menyongsong Musim Balapan 2022

  • Whatsapp
suzuki motogp

motolineid.com – Suzuki MotoGP sudah mulai serius berbenah untuk musim balapnya 2022, beberapa perangkat mulai di pasangkan di motor pacuannya Suzuki GSX-RR. Perangkat yang mulai diuji cobakan diantaranya Ride Height Adjuster.

Ride Height Adjuster jika diartikan secara umum berarti pengatur ketinggian naik, bisa berarti juga hole shoot device yang pertama kali dikembangkan oleh Ducati. Komponen ini berfungsi untuk menaikkan dan menurunkan suspensi depan motor. Jika sebelumnya hanya suspensi depan saja, Ride Height Adjuster kini bisa mengatur naik dan turun  suspensi depan dan belakang.

Bacaan Lainnya

Kawauchi yang merupakan Manajer Teknik Suzuki MotoGP mengungkapkan penggunaan Ride Height Adjuster pada motor GSX-RR meskipun masih dalam tahap prototype komponen ini bekerja dengan baik dan memberikan dampak yang positif kepada pembalap.

“Peningkatan terbesar tidak dilakukan dengan satu hal besar, tapi banyak hal kecil. Ride height adjuster adalah sesuatu yang sangat mencolok. Namun, di balik layar, ada hal lain yang dicoba dan diuji,” tulisnya dalam blog Suzuki 2021 Winter Magazine.

“Saya merasa bahwa setiap balapan kami sedikit meningkat, yang secara keseluruhan membantu performa kami dan membawa kami ke tempat kami sekarang, meski kinerja kami terkadang tidak cukup tahun ini dibandingkan dengan pabrikan lain, atau bahkan dibandingkan dengan 2020, Joan selalu memberi 100 persen dan bahkan terkadang lebih,” tutur Kawauchi.

Meskipun berstatus sebagai juara dunia 2020 tapi penampilan Joan Mir di musim balap 2021 terlihat kurang mendapatkan dukungan dari motornya. Dari sisi kecepatan Suzuki GSX-RR tunggangannya masih keteteran dibandingkan dengan motor lain. Meskipun demikian Joan Mir masih mampu meraih posisi ketiga klasemen akhir 2021 dengan torehan poin 208, tertinggal 70 poin dari pimpinan klasemen Fabio Quartararo.

Dengan komponen Ride Height Adjuster yang baru diuji coba ini diharapkan Joan Mir mampu bersaing dengan pembalap lain yang telah lebih dahulu menggunakan komponen seperti ini.

“Dia melakukan pekerjaan yang hebat, dan dia membawakan kami beberapa podium dan saya ingin berterima kasih padanya atas kerja kerasnya. Bersama-sama kami akan mencoba mempersiapkan motor yang lebih kuat dan kami ingin menantang lagi tahun depan,”tutup Kawauchi.

sumber : Motorsport.com