Musin Hujan Datang, lakukan Ini Agar Kaca Helm Tidak Berembun

Kaca helm yang berembun terjadi karena suhu di dalam ruangan lebih besar dibandingkan suhu di luar ruangan sehingga udara tidak dapat lagi menahan semua uap air. Alhasil uap air akan lebih besar dan berubah menjadi embun.

Baca juga : Apakah Bahaya Gonta Ganti Oli Mesin Di Motor Kita

Baca juga : Mobil Dan Motor Terbakar Di POM Bensin, Ini Penyebabnya

Berikut beberapa cara agar kaca helm tidak berembun dan mengganggu penglihatan kita.

1. Membuka sirkulasi udara pada helm

Biasanya, helm memiliki sirkulasi udara. Untuk itu, pastikan semua lubang sirkulasi udara dalam helm terbuka agar perbedaan suhu udara di dalam dan di luar tidak terlalu jauh. Anda juga bisa membuka celah dengan sedikit membuka visor helm. Akan tetapi risiko ini kemungkinan akan ada air hujan yang masuk saat Anda berkendara.

2. Cairan Anti-fog

Menggunakan cairan anti fog bisa menjadi salah satu cara mengatasi kaca helm berembun. Cairan ini tersedia dalam dua bentuk pemakaian yakni ada yang oles dan ada yang spray tergantung selera Anda.

Sistem cairan ini sama seperti menggunakan sabun, dimana saat menggunakan yang bentuk oles Anda hanya perlu mengoleskan di sekitar kaca helm. Sedangkan model yang spay Anda hanya perlu menyemprotkan cairan tersebut ke bagian luar kaca helm dan dalam lalu bersihkan dengan lap atau tisu kering.

3. kaca Anti fog

Anda bisa juga langsung menggunakan kaca anti-fog. Cara ini dibilang menjadi cara yang paling efektif untuk mengatasi kaca helm berembun, dimana kaca ini bekerja dengan cara menjaga suhu udara pada ruang antar kaca dengan pinlock tetap stabil. Hal ini mengakibatkan embun terjadi hanya di luar area yang tidak tertutup kaca anti-fog. jack

 

%d bloggers like this: