MotoGP 2020 : Apa Kelebihan Dan Kekurangan Konfigurasi Mesin Inline 4 Dan V 4 ?

motolineid.com – Apa kelebihan dan kekurangan konfigurasi mesin inline 4 dan V 4 yang banyak di aplikasi pada motor MotoGP. Tentunya dua jenis konfigurasi mesin ini mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Baik konfigurasi mesin inline 4 maupun V 4 semuanya sudah mengantarkan pembalapnya meraih gelar juara dunia. Inline 4 mengantarkan Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo bersama Yamaha meraih gelar juara dunia, saat ini inline 4 yang di aplikasi Suzuki sukses membawa Joan Mir dan Alex Rins mendominasi.

Sedangkan V 4 mengantarkan Marc Marquez dan Casey Stoner merengkuh gelar juara dunia dengan Honda dan Ducati.

Berikut kelebihan dan kekurangan konfigurasi mesin inline 4 dan V 4, konfigurasi mesin Inline 4 membuat mesin lebih lebar ke samping. Tapi juga ruang mesin lebih lega karena mesinnya lebih kecil.

Baca juga : MotoGP 2020 : Tim Mana Saja Yang Menggunakan Konfigurasi Mesin Inline 4 Dan V 4 Di MotoGP

Baca juga : Berapa Banyak Kamera Yang Di Gunakan Untuk Merekam Gelaran MotoGP

Keunggulan lainnya yaitu jumlah komponen yang lebih sedikit. Adapun mesin V4 lebih ramping tapi memakan ruang lebih banyak karena ada dua silinder terpisah. Model ini juga punya komponen lebih banyak ketimbang Inline 4.

Dampak yang ditimbulkan dari perbedaan tersebut terletak pada konstruksi air box dan bentuk knalpot. Pada mesin Inline 4 posisi air box dan sistem exhaust alias knalpot lebih mudah karena semua silinder menghadap arah yang sama.

Sedangkan pada mesin V4 posisi air box dan sistem exhaust lebih rumit. Perbedaan desain mesin ini juga berdampak pada dimensi bodi dan aerodinamika yang dihasilkan.

Selain itu efeknya juga terletak pada perbedaan titik berat motor dan stabilitas motor di tikungan. Karena itu tiap mesin memiliki keunggulan dan kelemahan tersendiri. Tiap pabrikan pun memiliki alasan tersendiri kenapa memilih konfigurasi tertentu, apakah itu Inline 4 atau V4 dengan berbagai pertimbangan.

Yang tidak kalah pentingnya juga peran dari pembalap, pembalap sangat menentukan keberhasilan penggunaan konfigurasi mesin. Kemampuan adaptasi pembalap dengan konfigurasi mesin dan karakter mesin menjadi kunci untuk menjadi juara. simĀ 

%d bloggers like this: