Mobil Dan Motor Terbakar Di Pom Bensin, Ini Penyebabnya

motolineid.com – Kejadian mobil atau motor terbakar di pom bensin kerap kita temui di sekita kita. Seperti yang baru saja terjadi di Pasuruan, Jawa Timur selasa 13 oktober 2020 lalu.

Seperti dikutip dari laman wartabromo.com, disebutkan sebuah mobil terbakar di SPBU Karangketug, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan, Selasa (13/10/2020).

Sebenarnya apa penyebab mobil atau motor bisa sampai terbakar di pom bensin, berikut beberapa penyebab yang mengakibatkan mobil atau motor terbakar di pom bensin.

Ponsel menjadi penyebab pertama mobil atau motor terbakar di pom bensin. Larangan keras di pom bensin perlu diingat bahwa menggunakan atau mengoperasikan ponsel di larang di pom bensin.

Menurut pihak pom bensin, perangkat di dalam ponsel dan jaringan dapat memicu terjadinya percikan api. kerenggangan baterai ponsel menjadi salah satu pemicu terjadinya api.

Baterai memiliki arus listrik, sedangkan pom bensin dikelilingi oleh uap bensin. Pada saat koneksi, penggunaan baterai dikhawatirkan kalau ada celah akan menimbulkan percikan.

Nah, percikan ini yang akan memicu terjadinya kebakaran karena di pom bensin banyak terdapat uap bensin.

Baca juga : Begini Cara Merawat aki Motor Di Masa Pandemi

Baca juga : Hoaks Atau Fakta, Pertamax Mampu Membuat Pembakaran Jadi Sempurna

Menggunakan ponsel untuk tujuan apapun dilarang di pom bensin. Tak hanya sekadar menelepon, tapi kegiatan lain seperti berselancar internet, membuka aplikasi, media sosial dan sebagainya juga dilarang.

Penyebab kedua karena knalpot racing yang dihidupkan di dalam pom bensin yang memercikan api. Usai mengisi bensin sebaiknya tidak langsung menyalakan motor didekat mesin pompa dispenser.

Motor yang sudah diisi bensin, harus didorong menjauhi dispenser bensin agar tidak memicu terjadinya kebakaran.

Pasalnya, saat mesin sepeda motor dihidupkan, proses pembakaran terjadi. Inilah yang dianggap bisa memicu munculnya percikan api saat motor terlalu dekat dengan mesin pompa.

yang ketiga, karena adanya kebocoran sistem kelistrikan. Kemungkinan besar yang pertama tutup busi mengalami kebocoran. Sehingga percikan bunga api tidak lompat dari koil ke tutup busi, tapi ke massa ke mesin.

Selain tutup busi yang mengalami kebocoran, soket atau sambungan pada rangkaian kelistrikan juga menjadi pemicu jika sampai terjadi konsleting dan menimbulkan percikan.

Untuk itu inilah pentingnya menjaga kondisi mobil atau motor kita sehingga tidak sampai menimbulkan kejadian yang tidak kita inginkan. jack  

 

%d bloggers like this: