TEKNIK  

Konversi Motor Bensin Ke Listrik Kecepatan Bisa Tembus 82 Km/Jam, Tertarik?

Konversi Motor Bensin

motolineid.com – Inovasi dalam dunia otomotif terus berkembang, termasuk konversi motor bensin menjadi motor listrik. Salah satu bengkel konversi terkemuka, Nagara, telah sukses mengubah Honda BeAT menjadi motor listrik yang ramah lingkungan dan hemat energi.

Konversi Honda BeAT Menjadi Motor Listrik

Mengutip dari GridOto.com, Honda BeAT listrik hasil garapan bengkel konversi Nagara menggunakan dinamo berdaya 2.000 watt. Bagas, seorang engineer di Nagara, menjelaskan bahwa dalam paket konversi, pelanggan akan mendapatkan baterai dengan kapasitas 72 Ah 24 V. Dengan baterai penuh, motor ini mampu menempuh jarak hingga di atas 50 kilometer. “Jarak tempuhnya antara 55 hingga 60 kilometer, namun ini pada kecepatan maksimal 40 km/jam,” ujar Bagas yang bengkelnya berlokasi di Pancoran, Jakarta Selatan.

Performa dan Kecepatan

Meski dirancang untuk efisiensi dan jarak tempuh, Honda BeAT listrik hasil konversi Nagara tetap bisa diajak ngebut. Menurut Bagas, top speed motor ini tanpa beban bisa mencapai 85 km/jam. “Namun kalau dengan pengendara, kecepatan maksimalnya berada di 80 sampai 82 km/jam,” jelasnya lagi.

Biaya Konversi

Bagi yang tertarik untuk mengubah Honda BeAT menjadi motor listrik, biaya konversi di Nagara adalah sekitar Rp 14 juta. Harga ini belum termasuk subsidi yang mungkin bisa didapatkan. Konversi ini tidak hanya membuat motor lebih ramah lingkungan tetapi juga menawarkan penghematan dalam jangka panjang karena menghilangkan kebutuhan untuk membeli bensin.

Keuntungan Menggunakan Motor Listrik

Motor listrik memiliki beberapa keuntungan dibandingkan dengan motor bensin:

  1. Hemat Energi: Mengurangi pengeluaran untuk bahan bakar karena hanya perlu mengisi daya listrik.
  2. Ramah Lingkungan: Tidak menghasilkan emisi gas buang yang merusak lingkungan.
  3. Perawatan Mudah: Motor listrik memiliki lebih sedikit komponen bergerak yang membutuhkan perawatan dibandingkan motor bensin.
  4. Subsidisi Pemerintah: Pemerintah sering memberikan subsidi untuk konversi kendaraan listrik, membuatnya lebih terjangkau.

Konversi Honda BeAT menjadi motor listrik oleh Nagara menunjukkan bahwa transformasi ke teknologi ramah lingkungan adalah mungkin dan praktis. Dengan jarak tempuh hingga 60 kilometer dan kecepatan maksimal yang memadai, motor ini tidak hanya efisien tetapi juga mampu memenuhi kebutuhan berkendara sehari-hari. Jika Anda tertarik untuk beralih ke motor listrik, konversi ini adalah pilihan yang layak dipertimbangkan. Dengan biaya konversi yang relatif terjangkau dan berbagai keuntungan jangka panjang, Honda BeAT listrik hasil garapan Nagara bisa menjadi solusi mobilitas masa depan yang ramah lingkungan.