Kompresi Motor Bocor ? Ini Penyebabnya

motolineid.com – Kompresi motor bocor pastinya tarikan motor menjadi lelet dan kurang bertenaga dan motor tidak akan mencapai top speed yang diinginkan. Disamping itu konsumsi bahan bakar juga akan menjadi lebih boros karena gas diminta untuk emmbuka lebih lebar untuk mendapatkan tenaga yang diinginkan.

Kompresi motor bocor tentunya bukan hanya di temui pada motor yang sudah tua, bahkan pada motor yang masih terhitung baru kompresi motor bocor kerap dijumpai, dan menyebabkan masalah yang cukup serius.

Read More

Selain itu, kebocoran kompresi pun bisa membuat mesin motor tiba-tiba mati saat dikendarai, dan susah untuk dihidupkan kembali. Hati-hati, jika dibiarkan kebocoran kompresi akan berpengaruh pada kinerja komponen lainnya, dan meningkatkan risiko turun mesin. Sebenarnya apa sih penyebab kompresi bocor?

Berikut merupakan beberapa penyebab utama kompresi mesin motor bocor.

Setingan klep yang terlalu rapat. Biasanya ini disebabkan karena Anda memilih bengkel yang kurang profesional dan hanya mengandalkan feeling untuk mengukur kerapatan klep. Solusinya, atur kembali klep motor Anda sesuai dengan ukuran standarnya.

Ring piston sudah aus dan harus segera diganti. Bisa juga disebabkan karena cylinder comp bermasalah, bisa karena belah, atau boring yang cacat. Solusi terbaik yang bisa dilakukan adalah, ganti dengan komponen yang baru.

Paking atau karet seal klep sudah mulai getas. Solusi terbaik ganti parking atau karet seal klep dengan yang baru. Ingat, pilih produk yang berkualitas tinggi.

Bahan Bakar yang tidak sesuai. Pemakaian bahan bakar yang tidak sesuai nilai oktannya juga bisa berakibat kompresi motor bocor. Bahan bakar yang tidak sesuai akan menyebabkan pembakaran yang tidak sempurna, pembakaran yang tidak sempurna berakibat menumpukkan kerak-kerak di bibir katup. nah,.. kerak-kerak ini yang akan mengganggu katup untuk menutup secara sempurna akibatnya kompresi akan bocor.

Untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya bawa sepeda motor Anda ke bengkel resmi. Di sana, terdapat banyak mekanik terlatih yang siap membantu mengatasi masalah motor, termasuk memberi saran komponen pengganti terbaik yang bisa digunakan untuk sepeda motor Anda.

Related posts