Kenali Karakter Motor Dari Ukuran Bore Dan Stroke nya

motolineid.com – Kita akan mudah kenali karakter motor dari ukuran bore dan stroke. Perbandingan antara bore dan stroke mempengaruhi performa mesin. Dengan mengenal spek bore dan stroke, kita bisa tahu karakter kendaraan, apakah overbore atau overstroke.

“Secara umum ada tiga karakter mesin yang akan ditunjukkan dari perbandingan bore x stroke yaitu overbore, overstroke, dan square engine,” beber Andi Bendol dari bengkel ABRT20 Salatiga.

Overbore (ukuran bore lebih panjang dibandingkan dengan stroke), akan menunjukkan karakter mesin yang tenaga kendaraan muncul terutama saat putaran menengah dan tinggi. Karakter mesin ini  cocok untuk motor balap.

Hal ini disebabkan panjang pergerakan naik turun piston lebih cepat karena jarak stroke pendek.

Sedangkan untuk mesin berkarakter overstroke (ukuran stroke lebih panjang atau relatif sama panjang dengan bore), mesin ini dirancang untuk mengeluarkan tenaga pada putaran mesin rendah sampai menengah.

“Mesin seperti ini biasanya digunakan untuk kendaraan sehari-hari dan cocok untuk lalu lintas perkotaan yang macet dan juga dipakai pada motor-motor trail yang melibas jalanan offroad. Pada putaran mesin (rpm) tinggi, tenaganya mengecil dan mesin bergetar sehingga berisik,” jelasnya.

“Dan untuk tipe mesin dengan ukuran bore dan stroke sama (square engine), torsi dan power merata pada semua putaran. Dengan demikian, kendaraan ini cocok untuk semua medan, baik tanjakan, perkotaan, atau macet,” tutupnya. jack