Ini teknologi Yang Diusung Motor 200 Jutaan dari Yamaha, Adopsi Teknologi MotoGP!

motolineid.com – Akhir agustus lalu PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) resmi meluncurkan motor sport naked CBU seharga 200 jutaan dengan berbagai fitur teknologi terkini.

Motor dengan varian MT-07 dan MT-09 ini dilengkapi dengan teknologi Crossplane Crankshaft Concept. MT-07 dipasarkan di Indonesia dengan harga Rp 243.000.000 on the road Jakarta, Sedangkan MT-09 versi 2020 dipasarkan dengan harga Rp 290.000.000 on the road Jakarta. konsumen dapat memilih MT-07 dan MT-09 dengan  tiga pilihan warna yaitu Ice Fluo, Icon Blue, dan Tech Black.

Untuk MT-09 dilengkapi fitur dan teknologi D-Mode, Assist & Slipper Clutch, Quick Shift System (QSS), Traction Control System (TCS) dan YCCT (Yamaha Chip Controlled Throttle) yang menjadikan motor premium ini memiliki kemampuan dapat menyesuaikan dengan keinginan riding pengendara.

Baca juga : Teknologi apa saja yang ada di Kawasaki ZX 25R-1

Baca juga : Pengen naikkan kompresi Ninja, aplikasi produkdari TRZ racing ini

“Hari ini saya sangat bersemangat untuk meluncurkan produk CBU baru kami yaitu MT-07 dan MT-09 di Indonesia. Kunci dari CBU Yamaha adalah selalu Made in Japan ! Dan kami sangat bangga bahwa produk line up MT kami mulai dari 155cc sampai 900cc sekarang sudah lengkap.  Situasi saat ini sulit karena COVID, tetapi kita tahu bahwa kita adalah pengguna sepeda motor dan kita penuh semangat dan kita sangat kuat. Mari jaga semangat kita tetap tinggi dan naik sepeda motor lagi!” ungkap Minoru Morimoto, President Director & CEO PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Teknologi Crossplane crankshaft yaitu teknologi crankshaft Yamaha yang mengadopsi teknologi dari YZR-M1 (Yamaha MotoGP). Konstruksi crossplane pada MT-09 adalah jarak crank pin 120 derajat, sedangkan MT-07 adalah 270 derajat.

Crossplane crankshaft membuat interval pembakaran di dalam mesin menjadi lebih dekat sehingga mengeliminir daya inersia yaitu daya yang terjadi setelah pembakaran sehingga torsi pembakaran dan torsi kombinasi (torsi yang diteruskan ke roda belakang) menjadi linear. Power yang selaras putaran throttle menghasilkan performa dan akselerasi maksimal.

Fitur D-Mode pada MT-09 memberikan keleluasaan kepada pengendara untuk memilih karakter performa mesin optimal yang diinginkan. Tersedia tiga mode berkendara yang terletak pada satu tombol di stang kanan yaitu Mode Standard yang sesuai untuk berbagai kondisi jalan, Mode A untuk mendapatkan respon mesin yang lebih sporty/cepat pada rpm rendah sampai medium dibandingkan Mode Standard, dan Mode B untuk respon yang lebih lembut dibandingkan Mode Standard.

Berikutnya ada teknologi YCCT (Yamaha Chip Controlled Throttle) yaitu Sistem kontrol throttle (fly by wire) pada MT-09 dengan YCCT (Yamaha Chip Controlled Throttle) yang berfungsi mengatur jumlah udara yang masuk ke mesin lebih presisi atau sesuai kebutuhan agar performa maksimal.

Untuk mendukung akselerasi lebih cepat pada MT-09 disematkan Quick Shift System (QSS) agar perpindahan gigi (shifting-up) lebih mudah dan cepat tanpa perlu mengoperasikan tuas kopling. MT-09 juga sudah dilengkapi fitur Assist & Slipper Clutch. Fitur Assist membuat pengoperasian kopling sangat ringan sehingga pengendara semakin nyaman ketika mengoperasikan kopling.

MT-09 ditunjang suspensi Upside Down Full Adjustable yang menjadikan handling lebih sempurna, motor lebih stabil, dan terlihat semakin gagah saat berkendara.