Hoaks Atau Fakta : Pertamax Mampu Membuat Pembakaran Jadi Sempurna

motolineid.com – Bahan bakar merupakan komponen yang utama dalam proses pembakaran di ruang bakar, bahan bakar yang baik akan menentukan kesempurnaan pembakaran yang pada akhirnya tenaga motor akan bertambah.

Jenis bahan bakar yang beredar di masyarakat ada beberapa jenis, mulai dari pertalite, pertamax dan pertamax turbo. Ada lagi bahan bakar pesawat terbang bensol yang biasa di pakai dalam balap.

Apakah semakin mahal suatu bahan bakar akan semakin bagus kualitasnya?, berikut penjelasannya.

Suatu bahan bakar ditentukan dengan nilai oktan, semakin tinggi nilai oktan harganya juga semakin mahal.

Dilansir dari Auto200, Bilangan oktan adalah angka yang menunjukkan seberapa besar tekanan yang bisa diberikan sebelum bensin terbakar secara spontan. Di dalam mesin, campuran udara dan bensin (dalam bentuk gas) ditekan oleh piston sampai dengan volume yang sangat kecil dan kemudian dibakar oleh percikan api yang dihasilkan busi.

Baca juga : Hoaks Atau Fakta : Mesin Las Bisa Untuk Ngecas Baterai

Baca juga : Bikin Tarikan karbu Vakum Lebih Nendang, Begini Caranya

Premium nilai oktannya 88, pertalite 90, pertamax 92 dan pertamax plus 95. Mana yang paling baik?, apakah pertamax plus jika dilihat dari nilai oktannya?

Yang paling baik adalah bahan bakar yang sesuai dengan kompresi motor. Jika kompresi motor tinggi dikasih bahan bakar ber oktan rendah maka akan menyebabkan ngelitik.

Ngelitik adalah suatu kondisi dimana bahan bakar terbakar sendiri karena tingginya kompresi, ini akan merugikan mesin dan tentu saja tenaga yang dihasilkan tidak akan optimal.

Begitu juga saat motor kompresi rendah diberi pertamax turbo yang mempunyai nilai oktan tinggi, bahan bakar tidak akan mampu terbakar secara keseluruhan.

Baca juga : Hoaks Atau Fakta : Motor Perlu Dipanasi Setiap Hari Sebelum Dipakai

Berikut tabel kesesuaian nilai oktan dan kompresi

 

Mulai sekarang sesuaikan kompresi motor dengan nilai oktan bahan bakar untuk mendapatkan pembakaran dan tenaga yang optimal. Jack

Follow by Email89
Facebook0
Twitter650
YouTube
Instagram540