Hoaks Atau Fakta : Motor Perlu Dipanasi Setiap Hari Sebelum Dipakai

motolineid.com – Banyak dari para pengendara motor yang melakukan ritual memanasi motor tiap pagi hari, mereka menghidupkan motor hingga beberapa lama.

Sebenarnya hal tersebut memang sesuatu yang harus dilakukan untuk menjaga kondisi motor kita atau hanya sebuah mitos atau hoaks yang sudah kita yakini kebenarannya.

“Sah-sah saja memanasi motor setiap pagi hari sebelum memulai aktifitas, tidak perlu terlalu lama pemanasan mesin tersebut dilakukan cukup 1 menit saja sudah cukup,”beber Reza instruktur dari Astra Motor Jateng.

Menurutnya, pemanasan pada pagi hari dilakukan tujuannya untuk menjamin pelumasan bekerja secara maksimal untuk melumasi komponen mesin yang berputar.

Baca juga : Pemilik Motor Honda Di Dataran Tinggi, Lakukan Ini Jika Tidak Ingin Motornya Bermasalah

Baca juga : Pengen Tahu Masalah Di Motor Injeksi?, Tinggal Lihat Kedipannya

“Sebelum dipakai dengan beban yang lebih besar, diharapkan melalui pemanasan sistem pelumasan sudah bekerja terlebih dahulu secara maksimal,”sambung Reza.

Untuk mendapatkan sistem pelumasan bekerja secara maksimal, pemanasan selama 1 menit sudah cukup. “Nah, kadang kebanyakan orang melakukan pemanasan pagi hari sampai setengah jam bahkan satu jam, ini yang keliru,”tegasnya.

Baca juga : Isi Oli Mesin Honda All New BeAT Jangan Semua, Ini Alasannya

Dengan menghidupkan mesin pada kondisi diam dalam waktu yang lama bisa berakibat mesin menjadi panas dan over heat.

Selain itu tentunya boros bahan bakar juga, apalagi jika pemanasan dilakukan didalam rumah akan berakibat mencemari udara dari gas sisa pembakarannya. Jack

Follow by Email89
Facebook0
Twitter650
YouTube
Instagram540