Dua Cara Menaikkan Stroke Motor, Mana Yang Lebih Aman

motolineid.com –  Ada dua cara menaikkan stroke motor, mana yang lebih aman dari dua cara tersebut. Tentunya dari kedua cara tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri.

Stroke up atau menaikkan stroke motor adalah memperpanjang langkah piston. Dua cara yang digunakan oleh para mekanik untuk menaikkan stroke yaitu dengan menggunakan pen stroke aftermarket dan geser big end di daun kruk as.

Dua cara menaikkan stroke atau langkah piston ini tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangan.

“Naik stroke dengan cara menggeser lubang big end, memiliki kelebihan durability atau ketahanannya lebih baik, tidak mudah melintir yang membuat kruk as lebih awet,”beber Andi Bendol mekanik dari ABRT20 Salatiga.

Baca juga : Kenali Karakter Motor Dari Ukuran Bore Dan Stroke

Baca juga : Ganti Ban Baru, Jangan Langsung Digeber Bahaya

Jika kita mengejar daya tahan tentunya menaikkan stroke dengan menggeser lubang big end bisa menjadi pilihan. Untuk penggunaan harian tentu yang lebih disarankan adalah menggeser lubang big end.

Sedangkan kelemahan dari menaikkan stroke dengan cara menggeser big end adalah pengerjaannya yang tergolong rumit. Pengerjaannya harus dilakukan oleh bengkel khusus dan harus benar-benar presisi.

Cara menaikkan stroke yang kedua yaitu dengan pemakaian pen stroke aftermarket yang banyak dijual di pasaran.

“Cara menaikkan stroke yang kedua yaitu dengan pemakaian pen stroke yang banyak dijual di pasaran, cara ini memiliki kelebihan pemasangannya yang mudah dibandingkan dengan cara pertama,”sambung Andi.

Kekurangan dari cara ini yaitu untuk durability atau keawetan kurang dibandingkan dengan cara pertama.

Semua tergantung dari pilihan masing-masing dan budget yang disediakan. jack