Cara Membaca Ukuran Ban Motor Metrik Dan Imperial

motolineid.com – Cara membaca ukuran ban motor metrik dan imperial banyak dari kita yang sering masih salah. Sebelum kita masuk dalam pembacaan kode ban matrik maupun imperia, terlebih dahulu kita harus tahu apa itu kode matrik dan imperial pada ban sepeda motor.

Kode Metrik banyak dipakai pada ban motor-motor harian dan satuan yang dipakai pada ukuran ban ini yaitu melimeter.

Cara membaca ukuran ban motor satu ini terdiri dari kombinasi deretan angka, operasi bilangan, dan huruf. Sebagai contoh 110/60-18 M/C 45 P, angka 110 menunjukkan ukuran lebar tapak ban yakni 110 dalam satuan millimeter.

Kemudian angka 60 setelah garis miring berfungsi untuk menunjukkan presentase tinggi ban dari lebar penampang tadi. Jadi jika ban berukuran 110 maka tinggal dilihat saja 60 persen dari 110 adalah 66 milimiter.

Baca juga : Indikator Pada Spidometer Vario Mati Setelah Kehujanan Ini Cara Mengatasinya

Baca juga : Kenali Karakter Motor Dari Ukuran Bore Dan Stroke nya

Untuk angka 18 yang tertera setelah bentuk strip itu menunjukkan panjang diameter ban yang merujuk pada velg yang digunakan. Jadi jika menunjukkan angka 18 berarti diameternya velg ban yang digunakan berukurun 18 inci.

Lalu kode M/C yang tertera menunjukkan motorcycle artinya bahwa ban diperuntukkan bagi sepeda motor, sedangkan 45 P menunjukkan beban maksimal yang bisa ditanggung oleh ban yang dinamakan load index.

Dengan 45 P motor bisa menahan muatan hingga 165 kilogram.  Jadi bisa disimpulkan bahwa ban dengan kode metric 110/60-18 berarti ban memiliki lebar 110 milimeter, tinggi 66 milimeter dan pelek yang digunakan berdiameter 18 inci. Dibuat khusus untuk motor dan memiliki kapasitas muatan 165 kilogram.

Sedangkan untuk kode ban imperial biasanya dipakai pada motor offroad dan satuan yang dipakai menggunakan satuan inchi.

Sebagai contoh Kawasaki KLX dengan ban ukuran 2,75-21 45 P. Angka 2,75 merujuk pada lebar tapak ban dengan satuan inci, ban jenis ini memiliki ketinggian yang sama dengan lebarnya.

Kemudian angka 21 setelah lambang strip menunjukkan diameter dalam ban yang juga memberi arti ukuran diameter pelek motor yang digunakan yakni 21 inci.

Sementara itu angka 45 menunjukkan load index, di mana dapat mengangkut beban hingga 165 kilogram. Sementara P adalah speed rating yang menunjukkan kecepatan maksimal ban 150 Km/jam. jack