BERITA  

Pengertian Oversize Piston Pada Sepeda Motor

motolineid.com – Pengertian oversize piston pada mesin sepeda motor perlu kita ketahui bersama, oversize piston biasanya dilakukan oleh para mekanik bengkel untuk menaikkan kapasitas mesin sehingga power dari motor juga ikut naik.

Oversize piston atau memperbesar ukuran diameter piston dilakukan juga saat piston sudah mengalami keausan sehingga menyebabkan kompresi menurun. Dengan melakukan oversize piston diharapkan celah antara piston dengan silinder menjadi rapat kembali.

Peningkatan ukuran piston motor oversize bisanya dihitung berdasar kelipatan 25. Khusus ukuran awal atau bawaan pabrik, penyebutannya adalah oversize 0. Jika mau ditingkatkan maka bisa oversize 25, 50, 75, dan 100.

Baca juga : Kompresi Motor Bocor Ini Penyebabnya

Pengertian oversize 25, berarti ukuran piston motor meningkat 0,25 mm. Begitu pula seterusnya. Kenapa oversize mesin tidak disarankan lebih dari 100? Takutnya nanti berefek ke boring yang menjadi tipis sehingga perlu diganti. Perlu diingatkan kembali bahwa oversize cuma mengganti ukuran piston motor jadi lebih besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *