BERITA  

Apakah Joan Mir Tetap Bertahan Di Honda Atau Pilih Tim Lain?, Ini Jawabannya

Apakah Joan Mir Tetap Bertahan Di Honda

motolineid.com – Setelah menghabiskan seluruh karir MotoGP-nya di Suzuki dan memenangkan gelar juara dunia tahun 2020, Joan Mir tiba-tiba harus mencari tim baru ketika Suzuki memutuskan untuk mundur pada akhir 2022. Kini, dalam tahun kedua dan terakhir dari kontraknya dengan Repsol Honda, pembalap berusia 26 tahun ini dihadapkan pada keputusan penting: apakah Joan Mir tetap bertahan di Honda, atau mencari kompetitivitas instan dengan bergabung ke tim satelit Eropa?

Dilema Joan Mir

Mir berada dalam situasi serupa dengan mantan rekan setimnya, Marc Marquez, yang memilih hengkang dari Honda dan bergabung dengan tim Gresini Ducati yang lebih kompetitif meskipun menggunakan motor tahun lalu. Pengaruh kesuksesan Marquez di Ducati mungkin akan mempengaruhi keputusan Mir, namun pembalap nomor 36 ini mengakui bahwa ia memiliki beberapa opsi yang tersedia.

“Saya memiliki opsi di meja, tetapi saya tidak benar-benar tahu apa yang ingin saya lakukan,” kata Mir. “Saya butuh sedikit lebih banyak waktu, untuk memahami dan mengambil keputusan yang baik untuk masa depan saya. Inilah kenyataannya.”

Perjuangan di Honda

Selama bersama Suzuki, Mir mencatatkan 24 finis lima besar, termasuk 13 podium dan satu kemenangan. Namun, bersama Honda, ia hanya meraih 26 poin musim lalu. Dari enam balapan yang berhasil ia selesaikan di tengah berbagai kecelakaan dan cedera, hasil terbaiknya hanya tempat kelima di India, satu-satunya penampilan di sepuluh besar.

Di awal musim 2024, Mir merupakan pembalap terbaik Honda dalam klasemen sementara, namun ia hanya mengumpulkan 12 poin dan finis tertinggi di posisi dua belas dalam satu grand prix. Perubahan drastis dalam hasil sejak meninggalkan Suzuki sangat berdampak pada kondisi mental Mir.