Amankah Charge Aki Menggunakan Mesin Las?

motolineid.com – Amankah ngecharge aki menggunakan mesin las?, pertanyaan ini banyak dilontarkan mengingat saat ini ada anggapan bahwa mesin las bisa untuk mecharge aki motor atau mobil.

Untuk mengetahui aman tidaknya ngecharge aki menggunakan mesin las terlebih dahulu kita harus tahu hakekat charge aki atau pengisian aki.

Charge aki atau pengisian aki adalah proses untuk mengisi kembali muatan listrik pada aki atau baterai yang sudah berkurang karena pemakaian.

Ada 2 jenis pengisian aki yang digunakan yaitu pengisian cepat dan pengisian lambat. Perbedaan dari kedua pengisian ini terletak pada arus pengisian yang digunakan.

Baca juga : Apakah Bahaya Gonta Ganti Oli Mesin Di Motor Kita

Baca juga : Hoaks Atau Fakta Mesin Las Bisa Untuk Ngecas Baterai

Untuk pengisian lambat biasanya arus pengisian yang digunakan 1/10 dari kapasitas aki. Misalkan kapasitas baterai 40 Ah, maka arus yang diijinkan untuk pengisian lambat tidak boleh lebih dari 40 x 1/10 = 4 ampere.

Sedangkan untuk pengisian cepat, arus yang diijinkan untuk melakukan pengisian maksimal 50% dari kapasitas aki, lebih dari itu akan merusak sel aki.

Jika charge aki pakai mesin las tentu saja arus pengisiannya akan cukup besar. Hal tersebut bisa dilakukan charge dengan mesin las tapi resikonya juga cukup besar.

Resiko yang pasti aki menjadi panas dan merusak sel dalam aki, dampak yang lebih besar lagi aki bisa meledak karena kelebihan arus pengisian.

Jadi untuk keamanan dan keawetan aki motor kita, gunakan charger aki yang sesuai dengan aki. jackĀ