30 Menit Pertama Saat Hujan paling Rawan, Kok Bisa?

motolineid.com – 30 menit pertama saat hujan paling rawan banyak kejadian kecelakaan yang terjadi di waktu tersebut. Untuk itu kita harus lebih berhati-hati karena saat ini sudah mulai masuk musim hujan.

Perlu Anda ketahui bahwa hujan yang baru saja turun membuat jalanan menjadi sangat licin. Tingkat kelicinannya pun berbeda dengan jalan yang sudah lama basah karena hujan.

Ini disebabkan oleh jalanan yang tadinya tidak basah, menjadi basah. Selain itu, ini juga disebabkan oleh lumpur dan minyak yang tadinya sudah mengering, akhirnya terkena air hujan. Hal ini membuat lapisan jalan menjadi sangat licin.

Baca juga : Amankah Charge Aki Menggunakan Mesin Las

Baca juga : Apakah Bahaya Gonta Ganti Oli Mesin Di Motor Kita

Dengan adanya lumpur dan minyak tersebut menyebabkan kita harus membatasi kecepatan kendaraan kita, jangan sampai karena mengejar waktu kita malah abai dengan keselamatan kita.

Dengan mengurangi kecepatan kendaraan kita, roda akan selalu bersentuhan dengan aspal. Berbeda jika kita melintas di genangan air dengan kecepatan tinggi, kita akan terkena efek aqua planing atau efek melayang yang disebabkan ban tidak menempel di aspal karena adanya air.

kendaraan yang melaju dengan kecepatan rendah akan membuat alur ban bersentuhan langsung dengan aspal. Ini tentunya akan membuat daya cengkram ban menjadi sangat baik. jack